WASPADA.. CEDERA PATAH TULANG PADA ANAK

Bagaimana cara mengetahui apakah tulang anak patah?

Terjatuh, terjerembab, atau tersandung sesuatu hingga sampai jatuh terperosok merupakan kejadian yang tidak asing lagi di kehidupan anak-anak. Namun, tak semua anak yang terjatuh akan mengalami keretakan tulang.

Gejala paling nyata dari patah tulang biasanya terlihat dari adanya bengkak, rasa sakit, serta kelainan bentuk (umumnya terlihat sebagai perubahan bentuk tulang). Selain itu, masih ada beberapa tanda keretakan tulang lainnya, seperti

  1. Adanya pembengkakan, keluar darah, atau rasa lunak di sekitar area yang terluka
  2. Bunda dan si kecil dapat mendengar suatu bunyi yang menyertai rasa sakit. Seperti bunyi jentikan atau penggilingan
  3. Anak kesusahan menggerakkan, memegang, atau menekan area yang terluka karena ia tidak kuat menahan rasa sakit. Apabila yang mengalami keretakan adalah bagian kaki, maka biasanya anak akan terlihat kesakitan untuk sekedar berdiri.
  4. Area yang terluka terlihat berubah bentuk. Pada beberapa kasus patah tulang, terkadang terlihat ada pecahan tulang yang menembus keluar kulit.

Apa yang harus dilakukan saat anak mengalami patah tulang?

Jika Bunda menduga si kecil mengalami patah tulang, maka penangan pertama sudah pasti meminta bantuan medis! Jangan coba-coba memindahkan posisi badan anak Anda dan segeralah panggil ambulans apabila terjadi hal berikut:

  1. Anak Bunda mengalami luka serius pada kepala, leher, atau punggungnya.
  2. Apabila tulang yang patah menembus keluar kulit, maka pertolongan pertama adalah terus menerus menekan area yang sakit dengan menggunakan kain tebal sera pastikan si kecil tetap pada posisi tidur.
  3. Jangan membasuh luka atau menekan masuk tulang yang menonjol keluar.

Untuk luka yang tidak terlalu serius, cobalah untuk menanangani luka tersebut sesegera mungkin dengan tips-tips Ibupedia berikut ini

  1. Potonglah kain di sekeliling area yang terluka! Ambil gunting lalu potong saja kain celana atau kemeja anak Anda untuk menghindari rasa sakit tambahan akibat gesekan kain.
  2. Gunakan kompres dingin atau es yang dilekatkan pada kain. Ingat ya Bun, jangan aplikasikan balok es langsung ke kulit.
  3. Biarkan tulang yang patah tersebut tetap pada tempatnya, hal ini penting sekali agar dokter tidak kesusahan saat menangani si kecil.
  4. Carilah bantuan medis dan sebisa mungkin jangan berikan anak Anda makan dulu mengingat adanya kemungkinan tindakan operasi.

Pengobatan

Pembidaian atau pemasangan gips biasanya dilakukan untuk membatasi pergerakan anak yang mengalami patah tulang. Dengan pembidaian ini, biasanya tulang anak-anak akan kembali tumbuh sempurna setelah perawatan yang tepat.

Author Info

Avatar

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment