VISITASI FAKULTAS KEDOKTERAN UNIVERSITAS INDONESIA KE RS. ORTHOPAEDI PURWOKERTO

Tidak terasa, pada Januari 2018 ini, kerjasama pendidikan klinis bagi Residen Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia telah memasuki bulan ke-100 (sejak bulan Oktober 2009), dimana setiap bulan residen Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi datang untuk melaksanakan pendidikan, penelitian dan pelayanan di RS. Orthopaedi Purwokerto. Merupakan sebuah kebanggaan RS. Orthopaedi Purwokerto dapat menjadi bagian yang akan meningkatkan jumlah lulusan dokter spesialis Orthopaedi dan Traumatologi di Indonesia yang kompeten dan profesional dan membantu mengembangkan pendidikan kedokteran.

Selama 8 tahun terakhir, Universitas Indonesia selaku Perguruan Tinggi Negeri terkemuka di Indonesia, telah menjalin kerjasama dengan RS. Orthopaedi Purwokerto, selaku wahana pendidikan bagi residen Dokter Spesialis Orthopaedi dan Traumatologi. Kerjasama ini didasari oleh semangat tri dharma perguruan tinggi, yaitu pendidikan, penelitian dan pengabdian masyarakat. RS. Orthopaedi Purwokerto sebagai wahana pendidikan bagi Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia di bidang Orthopaedi dan Traumatologi, mengintegrasikan operasional rumah sakit dan pendidikan klinis dalam kerjasama tersebut.

Pada Rabu, 17 Januari 2018, RS. Orthopaedi Purwokerto kedatangan tim visitasi dari Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia sebagai kelanjutan dari kerjasama tersebut dalam standar pendidikan yang terbaru. Tim visitasi terdiri dari dr. Wahyu Widodo, Sp. OT (K) selaku Kepala Departemen Orthopaedi dan Traumatologi, DR. dr. Aryadi Kurniawan, Sp. OT (K) selaku Ketua Program Studi dan dr. Ihsan Oesman, Sp. OT (K) selaku Sekretaris Program Studi.

Kunjungan mereka langsung disambut hangat oleh Founder RSOP, dr. Iman Solichin, Sp.Ot. (K) Spine, PT. Orthosatria Media, Direktur beserta jajaran manajemen RSOP.

Kerjasama ini menitik beratkan kepada posisi RS. Orthopaedi Purwokerto selaku wahana pendidikan yang kompeten, khususnya dalam bidang sub spesialistik Orthopaedi.

Kerjasama ini juga menandai langkah pencapaian visi dan misi RS. Orthopaedi Purwokerto terutama misi ke-5, yaitu menjalin hubungan dan kerjasama dengan pusat-pusat pelayanan kesehatan dan pendidikan di dalam dan di luar negeri. Apalagi kerjasama ini, melibatkan 3 institusi yaitu Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo dan RS. Orthopaedi Purwokerto, sehingga tidak hanya mencakup kerjasama di bidang pendidikan, namun juga di dalam sistem jejaring rujukan nasional.

Author Info

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment