SEMINAR TAHUNAN PERSI XV, SEMINAR PATIENT SAFETY XI DAN POSTER SESSION KESELAMATAN PASIEN JAKARTA, JAKARTA CONVENTION CENTRE, 18-21 OKTOBER 2017

Dalam rangka meningkatkan pengetahuan karyawan dan promosi rumah sakit, RSOP mengikuti 15th National Seminar IHA, 11th Annual Seminar Patient Safety, 30th Indonesian International Hospital, Medical, Pharmaceutical, Clinical Laboratories Equipment & Medicine Exhibition di Jakarta, bertempat di Jakarta Convention Centre, tanggal 18-21 Oktober 2017.

Pada pembukaan, peserta seminar sudah mencapai 856 orang, sementara stand yang mengikuti pameran mencapai 517 perusahaan baik lokal, maupun manca Negara (terbanyak China dan Korea).

 

Seminar berisikan materi bertemakan:

  1. Kesiapan Indonesia menghadapi Universal Health Coverage 2019 baik Infrastruktur maupun Sistem Rujukan, Enterpreneurial Leadership, Upaya pemenuhan SDM dan sarana rumah sakit.
  2. Seputar JKN dalam persiapan UHC 2019, yang ternyata pemanfaatannya saat ini di Indonesia baru mencapai 9.3%, dibanding di Negara-negara tetangga sekitar 12.9% dan update INA DRG.
  3. Potensi kesehatan bagi International Medical Economics, bukan medical tourism, yang harus diusahakan oleh semua pihak dengan tekad yang kuat dan koordinasi semua instansi yang berkepentingan.
  4. Etika rumah sakit dan budaya dalam melayani
  5. Patient Safety
  6. Akreditasi Rumah Sakit – pemberlakuan Standar Nasional Akreditasi Rumah Sakit mulai 01 Januari 2018 yang disusun berdasarkan evaluasi Standar Akreditasi 2012 yang sudah berjalan selama 5 tahun, dan pelayanan rumah sakit ditujukan bukan hanya untuk meningkatkan mutu dan keselamatan pasien, tapi juga menciptakan lingkungan yang aman, baik bagi pasien, dokter, manajemen dan karyawan; Peran Case Manager; Aplikasi Parameter Akreditasi Rumah Sakit dalam Mendukung Indonesia Bebas TB Tahun 2035.

PERSI selaku penyelenggara acara tahunan ini, juga menyelenggarakan PERSI AWARD yang ke-11.  Tahun 2017 ini penyelenggaraan PERSI AWARD  diketuai oleh dr. Mus Aida, MARS, selaku Ketua Lembaga Prestasi dan Awards PERSI, (2016- sekarang).  Beliau juga adalah Chief Operating Officer RS. Pondok Indah – Puri Indah; Wakil Komite Tetap Sarana Pelayanan Kesehatan, Bidang Tenaga Kerja, Pendidikan & Kesehatan, KADIN, 2016 S/D sekarang; Penasehat ARSSI; Ketua Kompartemen Hubungan International dan Health Tourism ARSSI, 2014 s/d sekarang; setelah sebelumnya menjadi ketua ARSSI pusat periode 2007-2010 dan 2010-2014.

Adapun lomba-lomba yang diselenggarakan tahun 2017 adalah :

  1. Lomba karya tulis dengan materi Patient Safety; Clinical Service Improvement; Customer Service, Marketing and Public Relation; Innovation Management Improvement; Inhealth Information Technology; Corporate Social Responsibility; dan Human Resources Research Project;
  2. Lomba Hand Hygiene Dance; dan
  3. Poster Session.

 

Tahun ini, RSOP juga berpartisipasi Hand Hygiene Dance, dan  Poster Session yang bertemakan Sasaran Keselamatan Pasien dengan judul “Dashboard Monitoring Kepatuhan Karyawan RS Terhadap Pencapaian Sasaran Keselamatan Pasien Berbasis Teknologi Informasi di Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto” bersama 25 poster lainnya dari rumah sakit seluruh Indonesia.  Poster dipamerkan kepada para peserta seminar sejak hari pertama,dan pada hari ke-tiga, dilaksanakan penjurian oleh para dokter yang merupakan tim keselamatan pasien nasional baik di Kementerian Kesehatan RI, maupun dari PERSI. Poster dari RSOP merupakan satu-satunya peserta dari RS se Banyumas.

Juara I diraih oleh RS. PGI Cikini, Jakarta, Juara II diraih oleh RSK. Mata DR. Yap, sementara Juara III diraih oleh RS. Islam Cempaka Putih, Jakarta.

 

Pada kesempatan ini juga, RSOP mengikuti Hospital Tour dari RS. Siloam Semanggi yang bekerjasama dengan PERSI dengan fokus utama memperkenalkan fasilitas PET / CT dan Radioterapi dengan Rapid Arc. sebagai sarana yang digunakan terutama dalam penanganan pasien-pasien kanker (70% pasien RS. Siloam Semanggi adalah penderita kanker).  Diharapkan dengan pendeteksian lebih awal, penderita kanker dapat tertangani lebih komprehensif.  Siloam juga bekerjasama dengan BPJS Kesehatan dalam penanganan pasien kanker dengan PA yang sudah positif.

 

 

 

Author Info

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment