RSOP Bantu Urus Klaim Pasien Jasa Raharja

 Talk show tanggal 04 September 2012  menghadirkan narasumber dari asuransi Jasa Raharja yaitu Bpk Deni Hadi Supranata,SE  selaku kepala Jasa Raharja Kantor cabang Purwokerto dan Bp Sugiono,SH selaku staff di Jasaraharja.

Penyiar Tara , Jani Pucio mengawali dengan pertanyaan mengenai MOU Pelayanan terpadu yaitu, merupakan kerjasama antara JR ,kepolisian dan RS dalam penanganan korban Laka. Bpk Deni menjelaskan bahwa yang mendasari adanya kerjasama pelayananan terpadu adalah antara lain :                                                                                     

  • Memiliki visi yang sama yaitu melayani masyarakat
  • Diharapkan korban kecelakaan lalu lintas cepat ditangani atas dasar laporan dari pihak kepolisian , kemudian penanganan oleh Rumah Sakit dan Jasa Raharja yang membayar biaya perawatan di Rumah Sakit.
  • Bahwa selama ini banyak korban yang tidak tertangani dengan baik karena tidak ada yang menjamin
  • Mengurangi tingkat fatalitas dan bahkan kematian akibat kecelakaan lalu lintas yang tidak tertangani dengan baik sehingga tidak ada alasan untuk tidak menangani kasus kecelakan, karena sudah ada yang menjamin yaitu Jasa Raharja

Jasa Raharja sendiri merupakan  Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang tugas dan fungsinya ada 2 (dua)  yaitu :

  1. Memberikan santunan atas kajadian kecelakaan pada korban kecelakaan  lalu lintas darat, laut, udara, dan penumpang kendaraan umum.
  2. Menghimpun dana pajak kendaraan bermotor melalui Samsat yang mana dana itu nantinya untuk membayar santunan.

Berapa jumlah santunan yang diberikan oleh Jasa Raharja kepada korban kecelakaan lalu lintas? Bapak Sugiono menjawab, untuk santunan biaya perawatan maksimal 10 Juta, sedangkan untuk meninggal dunia 25 Juta.

Mekanisme pemberian santunan adalah jika kurang dari 5 juta diberikan langsung, namun jika diatas 5 juta harus melalui rekening/ di transfer, tentunya setelah ada tagihan dari pasien.

Untuk kaitannya dengan kerjasama MOU bagaimana prosedur pelayanan di Rumah Sakit? Yuni menjawab untuk prosedur di RS, begitu pasien tiba di IGD petugaas akan mengindentifikasi apakah kecelakaan lalu lintas atau bukan, jika kecelakan lalu lintas maka petugas akan mengarahakan dan mendampingi pengurusan jasa raharja sampai dengan klaim ke JR oleh RS.

Apakah jika tidak punya SIM dapat melakukan klaim Jasa Raharja? bisa, karena dasar memberikan santunan adalah STNK yang pajaknya masih aktif ( tidak mati pajak ) bukan SIM.

Syarat kecelakaan yang mendapatkan santunan :

  1. Kecelakaan 2 kendaraan bermotor
  2. Pejalan kaki yang ditabrak kendaraan bermotor

Kenapa kecelakaan tunggal tidak mendapat santunan ? kecelakaan tunggal tidak ada lawan sehingga tidak ada yang menjamin, karena sebetulnya jika kecelakaan 2 kendaraan bermotor yang 1 mendapat santunan (pihak yang tdk bersalah) dan yang 1 (pihak yang bersalah) tidak mendapatkan secara otomatis melainkan atas kebijakan Direksi. Hal ini yang tidak banyak diketahui masyarakat sehingga masyarakat berasumsi bahwa kecelakaan 2 kendaraan bermoto, kedua-duanya mendapat santunan.

Bagaimana jika korban kecelakaan lalu lintas memiliki kartu asuransi lain? Pak Deni menjawab bahwa untuk Jaminan ganda  masalahnya adalah semua asuransi minta kwitansi asli  sehingga harus di sikapi dengan benar. Jangan sampai terjadi kwitansi asli ganda. Fungsi asuransi  pada dasarnya adalah mengembalikan hak indemnitas , yaitu mengembalikan posisi keuangan korban pada posisi keuangan sebelum kecelakaan. Sehingga jika memilik 2 jaminan, pertama klaim terhadap asuransi yang jaminannya lebih besar terlebih dahulu, kemudian Asuransi 1 akan menahan kwitansi asli , jika ada sisa yang belum terbayarkan bisa diklaim ke asuransi ke 2 dengan kwitanasi fotokopi legalisit dan surat keterangan dari asuransi pertama yang menerangkan berapa jumlah yang telah dibayarkan. Apabila terdapat pertanyaan tentang klam asuransi Jasa Raharja di RSOP, silahkan menghubungi customer care RSOP di 6844166 atau melalui email : rsop4all@rsop.co.id (Yuni).

Author Info

RSOP

RSOP

No Comments

Post a Comment