PROSEDUR BEDAH ESTETIK PADA TUBUH

Prosedur Sedot Lemak (liposuction)

Liposuction adalah prosedur bedah plastik yang mana kelebihan jaringan lemak yang menimbulkan dismorfik (kontur yang jelek) dari bagian tubuh tertentu dibuang dengan menggunakan selang berselongsong yang dihubungkan dengan mesin penghisap. Prosedur ini bertujuan untuk membentuk tubuh (body-reshaping), bukan untuk mengurangi berat badan (weight reduction).

Untuk operasi jenis ini, kisaran biaya operasi di Jakarta 10-25 juta Rupiah per area, sementara rentang biaya di Asia (Cina, India, Singapura) berkisar USD 1,000-24,000 per area.

 

Operasi Estetik Payudara

Bentuk payudara yang indah adalah payudara yang berisi cukup dan kencang sesuai bentuk saat masih gadis muda (youthful). Karena itu seringkali klien-klien wanita muda datang karena merasa payudaranya tidak cukup berisi, sementara klien-klien wanita dengan usia lebih tua datang dengan keinginan meremajakan bentuk payudaranya agar lebih kencang. Untuk prosedur menambah isi dan besar payudara, kita menggunakan implant berupa kantung steril berisi jelly silikon medis. Implant ini aman dan relatif tidak menimbulkan reaksi dari tubuh. Prosedurnya sendiri disebut breast augmentation atau augmentation mammoplasty.

Sementara untuk prosedur mengencangkan payudara, kita biasanya akan mengurangi sedikit jaringan payudara dan mengencangkan ulang jaringan penyangga payudara. Prosedur mengurangi isi jaringan payudara disebut breast reduction sementara prosedur mengencangkan payudara disebut breast uplifting atau mastopexy.

 

Untuk operasi jenis ini, kisaran biaya operasi di Jakarta 30-50 juta Rupiah, sementara rentang biaya di Asia (Cina, India, Singapura) berkisar USD 3,000-12,000.

 

Operasi Estetik Perut

Pada tahun 1990an, bentuk tubuh wanita yang dianggap indah adalah bentuk tubuh dengan perut rata tanpa lapisan lemak dan pinggang yang ramping. Konsep tubuh indah seperti ini memberi kesan seseorang yang muda, sehat dan bugar. Semakin lama, konsep keindahan bentuk tubuh wanita masih terus berubah. Perut rata dan pinggang ramping memang masih dianggap indah, namun konsep keindahan tersebut bergeser lebih jauh menjadi konsep uniseksual. Kini banyak wanita tidak hanya mengidam-idamkan perut yang rata, namun juga perut yang menampilkan kesan berotot seperti pria.

Operasi estetik perut berprinsip membuang semua kelebihan lemak di bawah kulit perut dengan menyisakan lapisan tipis lemak saja sebagai bantalan bawah kulit, kemudian mengencangkan otot-otot perut yang mungkin sudah mengendur terutama pada ibu-ibu pascahamil dan pascamelahirkan.

Untuk operasi jenis ini, kisaran biaya operasi di Jakarta 40-60 juta Rupiah, sementara rentang biaya di Asia (Cina, India, Singapura) berkisar USD 2,500-16,000.

Author Info

Avatar

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment