MERENCANAKAN OPERASI PLASTIK

Apapun yang ingin Anda kerjakan, dari hal kecil sampai hal besar, sebaik-baiknya direncanakan dengan matang. Perencanaan sangat penting dalam mencapai sasaran optimal. Sebagaimana terapi medis lain dan terapi operatif lainnya, prosedur operasi estetik tentu juga membutuhkan perencanaan yang baik. Hal ini semata-mata agar sasaran yang didambakan yaitu untuk lebih cantik/lebih indah dapat dicapai secara tepat-guna dan berhasil-guna.

Berikut ini adalah beberapa kiat perencanaan tepat dalam mempersiapkan diri menghadapi prosedur operasi estetik:

  1. Pastikan prosedur yang Anda lakukan benar-benar sesuai dengan kebutuhan Anda. Jangan mengekor apa-apa yang dilakukan oleh orang lain, karena apa pun yang baik dan cocok untuk orang lain belum tentu baik dan cocok untuk Anda. Langkah pertama dalam perencanaan adalah berkonsultasi dengan dokter ahli bedah plastik.
  2. Prosedur apapun yang akan Anda pilih di kemudian hari sebaiknya dilaksanakan oleh tangan dokter yang ahli, berkompeten dan bereputasi baik di bidangnya. Bidang bedah plastik adalah bidang medis semi-komersial, karena itu tidak sedikit ahli bedah plastik gadungan yang turut berkiprah di bisnis ini dengan memanfaatkan ketidaktahuan khalayak awam. Jumlah dokter ahli bedah plastik berlisensi resmi (diakui oleh Perhimpunan Ahli Bedah Plastik Indonesia, PERAPI) di Indonesia baru 100 orang, tetapi jumlah yang jauh lebih banyak adalah dokter bukan ahli bedah plastik (bahkan ada pula yang jelas bukan dokter) ikut trend mengerjakan prosedur bedah estetik. Namun, untuk masa sekarang ini tentunya hal tersebut dapat diantisipasi. Anda dapat mencari informasi perihal dokter ahli bedah plastik melalui media internet cukup dengan memasukkan kata kunci “bedah plastik”, misalnya. Di antara hasil pencarian tentu ada dokter dokter ahli bedah plastik atau rumah-rumah sakit yang memiliki pelayanan konsultasi bedah plastik. Bila ada keraguan saat berkonsultasi, jangan sungkan untuk menanyakan kompetensi dokter yang Anda hadapi apakah yang bersangkutan benar dokter ahli bedah plastik atau bukan. Hal ini penting, karena di tangan yang keliru, sebuah prosedur sederhana semacam suntikan saja dapat menimbulkan dampak negatif dalam jangka waktu panjang bahkan permanen. Karena itu, langkah berikutnya adalah memilih dokter yang Anda yakin handal dalam melaksanakan prosedur operasi estetik pada diri Anda, akan lebih baik lagi bila Anda menemukan dokter yang mampu membuat Anda merasa nyaman berinteraksi dengannya.
  3. Dalam berkonsultasi dengan dokter ahli bedah plastik, ungkapkan apa-apa yang menjadi  keluhan atau keinginan Anda sejelas-jelasnya. Dokter akan memperhatikan setiap rincian keluhan atau keinginan Anda, kemudian memformulasikannya dalam bentuk prioritas-prioritas pilihan prosedur sesuai dengan penilaian klinis yang tepat. Seringkali prosedur yang Anda pikir adalah solusi untuk keluhan atau keinginan Anda justru bukan menjadi pilihan yang tepat. Jangan ragu untuk berdiskusi dengan dokter Anda, karena seorang dokter ahli bedah plastik biasanya akan meluangkan waktu yang cukup untuk sesi konsultasi awal. dokter Anda, bersikaplah terbuka mengenai riwayat kesehatan Anda selama ini, termasuk di dalamnya penyakit-penyakit yang Anda idap, riwayat alergi, riwayat terapi obat-obatan apa saja yang pernah/sedang digunakan dan riwayat operasi sebelumnya. Hal ini penting untuk dokter dalam mempersiapkan prosedur operasi dan pascaoperasi sebaik mungkin.
  4. Jangan mengabaikan atau meremehkan kondisi umum fisik Anda. Saat sesi konsultasi dengan dokter Anda, bersikaplah terbuka mengenai riwayat kesehatan Anda selama ini, termasuk di dalamnya penyakit-penyakit yang Anda idap, riwayat alergi, riwayat terapi obat-obatan apa saja yang pernah/sedang digunakan dan riwayat operasi sebelumnya. Hal ini penting untuk dokter dalam mempersiapkan prosedur operasi dan pascaoperasi sebaik mungkin.
  5. Mungkin Anda akan bertanya bila beberapa prosedur estetik boleh dikerjakan sekaligus demi efisiensi waktu dan pendanaan. Namun, perlu difahami bahwa setiap prosedur operasi akan membuat “derita” pada bagian tubuh yang dikerjakan. Semakin beragam bagian tubuh yang mengalami prosedur, tentunya Anda akan lebih berurusan dengan nyeri, bengkak, dan hal-hal yang membutuhkan perhatian lebih saat Anda melakukan perawatan pascaoperasi di rumah. Prosedur dengan pembiusan umum bahkan mempengaruhi tatanan metabolisme tubuh secara keseluruhan, dengan adaptasi pemulihan normal yang berangsur-angsur dengan rentang waktu bervariasi tergantung dengan lama pembiusannya. Semakin banyak prosedur dikerjakan dalam 1 tahapan operasi, tentunya membutuhkan pembiusan yang lebih lama. Untuk itu, bilamana memungkinkan hindari untuk melakukan beberapa prosedur dalam 1 kali operasi, sekali pun Anda berada dalam kondisi tubuh yang prima.
  6. Persiapan mental memegang peranan tidak kalah penting dibandingkan persiapan fisik. Untuk itu, bekali diri Anda dengan pengetahuan yang detil tentang prosedur yang akan dilakukan pada diri Anda, baik dari dokter Anda ataupun dari sumber lain yang terpercaya, agar pada saat Anda mengambil keputusan positif Anda sudah benar-benar siap. Bila Anda masih merasa ragu, khawatir atau pun takut, tidak pernah menjadi kekeliruan untuk menunda atau mengurungkan niat Anda sampai Anda benar-benar siap. Yang juga tidak kalah penting adalah dukungan moral dari orang-orang terdekat Anda; suami/istri, ataupun anggota keluarga Anda.
  7. Terakhir, setelah semua hal di atas telah jelas dan siap secara matang, maka siapkan  pendanaan Anda. Dengan bertanya kepada dokter, Anda akan mendapatkan gambaran berapa anggaran yang harus dipersiapkan untuk prosedur yang disepakati. Dokter biasanya akan memberi bilangan dalam bentuk kisaran biaya; karena beberapa besaran biaya pasti bervariasi tergantung kondisi saat prosedur dikerjakan (misalnya: pemakaian obat-obat bius, benang, dll). Jangan pernah ragu atau malu untuk mengungkapkan berapa dana yang Anda sediakan. Seringkali ada pilihan-pilihan yang dapat disesuaikan dengan anggaran Anda. Satu hal yang penting, prosedur estetik bukanlah jual-beli produk: kebanyakan dokter merasa tidak nyaman bila calon klien mereka langsung menanyakan anggaran untuk suatu prosedur sebelum kedua belah pihak jelas jenis prosedur apa yang sekira-kira baik dan disepakati.
  8. Dengan beberapa kiat untuk persiapan sebagaimana dijelaskan di atas, semoga Anda dapat menjalani suatu prosedur estetik yang mampu memuaskan hati Anda sekaligus menjaga diri Anda tetap prima dan sehat.

 

Author Info

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment