Kenalan Dengan Luka !

Luka dapat diartikan sebagai gangguan atau kerusakan integritas dan fungsi jaringan pada tubuh.

Pengelompokan Luka, adalah :

A. Berdasarkan sifatnya :

1.Luka Akut. Luka akut adalah luka yang sembuh sesuai dengan periode waktu yang  diharapkan atau dengan kata lain sesuai dengan konsep penyembuhan.

2.Luka Kronis.Luka kronis adalah luka yang proses penyembuhannya mengalami keterlambatan atau bahkan kegagalan. Contoh: Luka decubitus, luka diabetes, dan leg ulcer.

B. Berdasarkan Stadium :

a.Stage I.Lapisan epidermis utuh, namun terdapat eritema atau perubahan warna.

b.Stage II.Kehilangan kulit superfisial dengan kerusakan lapisan epidermis dan dermis. Eritema di jaringan sekitar yang nyeri, panas, dan edema. Exudate sedikit sampai sedang.

c.Stage III. Kehilangan jaringan sampai dengan jaringan sub cutan, dengan terbentuknya rongga (cavity), exudate sedang sampai banyak.

d.Stage IV. Hilangnya jaringan sub cutan dengan terbentuknya rongga (cavity) yangmelibatkan otot, tendon dan atau tulang. Exudat sedang sampai banyak.

C. Berdasarkan mekanisme terjadinya :

a. Luka insisi (Incised wounds), terjadi karena teriris oleh instrumen yang tajam. Misal yang terjadi akibat pembedahan. Luka bersih (aseptik) biasanya tertutup oleh sutura seterah seluruh pembuluh darah yang lukadiikat (Ligasi)

b. Luka memar (Contusion Wound), terjadi akibat benturan oleh suatu tekanan dan dikarak teristikkan oleh cedera pada jaringan lunak, perdarahan dan bengkak.

c. Luka lecet (Abraded Wound), terjadi akibat kulit bergesekan dengan benda lain yang biasanya dengan benda yang tidak tajam.

d. Luka tusuk (Punctured Wound), terjadi akibat adanya benda, seperti peluru atau pisau yang masuk kedalam kulit dengan diameter yang kecil.

e. Luka gores (Lacerated Wound), terjadi akibat benda yang tajam seperti oleh kaca atau oleh kawat.

f. Luka tembus (Penetrating Wound), yaitu luka yang menembus organ tubuh biasanya pada bagian awal luka masuk diameternya kecil tetapi pada bagian ujung biasanya lukanya akan melebar.

g. Luka Bakar (Combustio), adalah luka yang disebabkan oleh trauma panas, listrik, kimiawi, radiasi atau suhu dingin yang ekstrim.

FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PENYEMBUHAN LUKA

A. Faktor lokal, terdiri dari :

1.Suplai pembuluh darah yang kurang

2.Denervasi

3.Hematoma

4.Infeksi

5.Iradiasi

6.Mechanical stress

7.Dressing material

8.Tehnik bedah

9.Irigasi

10.Elektrokoagulasi

11.Suture materials

12.Antibiotik

13.Tipe jaringan

14.Facilitious wounds

B. Faktor General, terdiri dari :

.1.Usia

2.Anemia

3.Anti inflammatorydrugs

.4.Cytotoxic andmetabolic drugs

5.Diabetes mellitus

.6.Hormon

7.Infeksi sistemik

8.Vitamin C dan A

9.Penyakit menular

10.Malnutrisi

11.Obesitas

12.Temperatur

13.Trauma, hipovolemia, dan hipoksia

14.Uremi.

Untuk memperoleh penanganan secara benar dan tepat mengenai luka pada bagian tubuh, dapat mendatangi IGD Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto di Jalan Soeparjo Roestam No. 99 Purwokerto, Tlp (0281) 6844133

(Nia).

Author Info

RSOP

RSOP

Comments ( 2 )

  • Avatar

    Thank you for share very good knowledges. Your web is very goodI am impressed by the information that you have on this blog. It shows how well you understand this subject. Bookmarked this page, will come back for more. You, my friend, ROCK! I found just the information I already searched everywhere and just couldn��t find. What a perfect site. Like this website your website is one of my new favs.I like this data presented and it has given me some sort of commitment to succeed for some reason, so keep up the good work!

Post a Comment