Kegiatan PKRS di Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto

Promosi Kesehatan Rumah Sakit (PKRS) merupakan upaya rumah sakit untuk meningkatkan kesadaran dan kemampuan pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit, agar dapat mandiri dalam meningkatkan kesehatan bersumber daya dari masyarakat. Upaya ini diperoleh melalui pembelajaran dari, oleh, untuk, dan bersama mereka, sesuai sosial budaya mereka, serta didukung kebijakan publik yang berwawasan kesehatan. Selain itu, PKRS juga berusaha menggugah kesadaran dan minat pasien, keluarga, dan pengunjung rumah sakit untuk berperan aktif dalam usaha penyembuhan dan pencegahan penyakit.

Kegiatan PKRS di RSOP rutin dilaksanakan, baik di Instalasi Rawat Jalan maupun Instalasi Rawat Inap. salah satunya dengan melakukan penyuluhan kelompok keluarga di IRJA pada hari rabu 21 November 2017 dengan memberikan informasi dan edukasi pasien dengan materi perawatan luka post operasi dan informasi pelayanan Wound Care Clinic di RSOP.

Selain itu kegiatan Penyuluhan Kelompok Keluarga juga dilakukan di Instalasi Rawat Inap. Kegiatan ini dengan melibatkan pasien dan keluarga pasien dalam memberikan informasi dan edukasi pasien dengan materi yang di bawakan sangat bervariasi sesuai dengan kebutuhan pasien. Sebagai contoh kegiatan PKRS dengan materi “ Asuhan Gizi Untuk Pasien Post Operasi “. – PKRS

 

Author Info

RS Orthopaedi Purwokerto

No Comments

Post a Comment