Kantuk, Sumbang Penyebab Laka Sekitar 55%

Purwokerto-(25/08/2012), Banyak pasien yang mendatangi RSOP mengalami kasus kegawat daruratan akibat dari kecelakaan lalu lintas, berupa trauma pada kepala, patah tulang, dan luka ringan. Menurut praktisi kesehatan tidur, sekitar 55 % kecelakaan lalu lintas disebabkan kantuk”.

Kondisi lalu lintas yang macet, serta padat merayap, dapat melemahkan pengendalian diri pengemudi, mengurangi kewaspadaan, dan meningkatnya kadar emosi diri. Kondisi cuaca yang panas dapat memperburuk kondisi fisik pengemudi. Ketahanan fisik pemudik dan dukungan dari sesama pemudik dalam suatu rombongan, dapat membantu menghadapi situasi arus balik lebaran 2012 yang buruk. Manfaatkanlah keberadaan tempat untuk istirakat, seperti rest area di stasiun pengisian bahan bakar untuk umum (SPBU) yang dilengkapi fasilitas seperti toilet, mushola, pijat refleksi gratis, ruang menyusui, ruang bermain anak, isi angin ban dan air radiator gratis, fasilitas karaoke dan ruang tunggu. Keberadaan tempat untuk istirahat di sepanjang arus balik lebaran cukup membantu meminimalkan angka kecelakaan yang disebabkan kelelahan pengemudi.

Persiapan secara fisik untuk pengemudi sebelum berangkat kembali ke kota tujuan masing-masing ialah :

  • Tidur yang cukup. Orang dewasa 7 jam, untuk remaja sekitar 8 jam.
  • Untuk perjalanaan jauh, usahakaan jangan berkendara sendiri. Teman seperjalanan dapat melihat tanda-tanda kantuk dan dapat menggantikan untuk sementara waktu. Penumpang juga sebaiknya tidak tidur dan terus mengobrol dengan pengendara.
  • Ketika merasa lelah sebaiknya hentikan kendaraan, minum kafein, lalu tidur 20-30 menit setelah bangun segar, dan kafein juga persis mulai bekerja, hingga kemampuan mengendara kembali efektif.
  • Hindari minuman beralkohol dan obat-obatan yang menyebabkan kantuk.
  • Berkonsultasilah dengan dokter atau klinik gangguan tidur jika mengalami kantuk berkepanjangan, sulit tidur di malam hari, dan tidur mendengkur.

Dalam rangka berpartisipasi dalam arus mudik lebaran 2012, RSOP selama 6 hari bekerjasama dengan Polres Banyumas menyediakan tim medis dan ambulance di pos pengamanan mudik lebaran 2012 Wangon dan Kroya. Apabila terjadi kecelakaan lalulintas yang membutuhkan ambulance dan pertolongan medis secara cepat, dan tepat, silahkan menghubungi RSOP di 6844166, dan apabila ada pertanyaan mengenai kasus kegawat daruratan silahkan melalui email : rsop4all@rsop.co.id (Krisna).

Author Info

RSOP

RSOP

No Comments

Post a Comment