Sejarah RSOP

RSOP (Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto) didirikan pada tanggal 1 Agustus 2006 dan diresmikan oleh Bpk. HM. Aris Setiono, SH, SIP selaku Bupati Banyumas saat itu. RSOP yang berfokus pada pelayanan kesehatan – khususnya pada penanganan kasus-kasus orthopaedi dan traumatologi – pada awalnya hanyalah merupakan sawah seluas lebih dari 1,5 hektar yang terbentang di pinggiran jalan Soepardjo Roestam, Purwokerto.
Adalah dr. Iman Solichin Sp.OT, Spine – seorang dokter spesialis orthopaedi yang telah berpengalaman selama lebih dari 10 tahun di daerah Banyumas dan sekitarnya – yang telah memprakarsai berdirinya RSOP. Beliau yang juga merupakan salah satu ahli tulang belakang di Indonesia tersebut, memimpin pembangunan RSOP dan mengawal perkembangannya hingga saat ini. Determinasinya yang kuat, membawa RSOP ke dalam perkembangan yang pesat sebagai sebuah Rumah Sakit.
Pada bulan November 2007, RSOP meresmikan berdirinya MSC (Medical Sport Center) sebagai pusat pelayanan kesehatan khusus bagi para atlit, official dan manajer olahraga, serta peminat olahraga. MSC merupakan hasil kerjasama RSOP dengan KONI Banyumas dalam meningkatkan kualitas dan prestasi para atlit. Menginjak tahun ke-3, RSOP semakin melengkapi pelayanan dan fasilitasnya sebagai salah satu pusat rujukan untuk kasus-kasus orthopaedi dan traumatologi di Jawa Tengah. Pada bulan November 2008, RSOP kembali membuka pelayanan baru yaitu Osteoporosis Center dan Trauma Center Jamsostek yang diresmikan tepat pada tanggal 20 November 2008 oleh Bupati Banyumas, Bpk. Drs. Mardjoko.
 

Organisasi

RSOP bernaung di bawah PT. OSM (Ortho Satria Media) sebagai badan hukumnya. Struktur dan fungsi Rumah Sakit dipertanggungjawabi oleh seorang Direktur Utama yang dibantu oleh 3 Direktur Bagian dalam operasionalnya, beserta jajaran staf dan unit fungsional. Bagian tersebut mencakup Direktur Bagian Pelayanan Medis, Direktur Bagian Administrasi RS dan Direktur Bagian Keuangan. Fungsi Rumah Sakit juga dibantu oleh Komite Medis dalam kontrol terhadap kinerja pelayanan medis rumah sakit.
 

Visi & Misi

Visi

Tahun 2012, RSOP akan menjadi pusat rujukan untuk penanganan kasus Orthopaedi, Traumatologi dan Rehabilitasi Medik di tingkat Nasional.

Misi

  1. Memberikan pelayanan yang profesional berdasarkan keilmuan, seni dan teknologi.
  2. Menciptakan Rumah Sakit yang menyenangkan dengan memadukan unsur-unsur edukasi, spiritual dan hiburan.
  3. Mengembangkan keilmuan dan keahlian di bidang medis maupun non medis.
  4. Menjalin hubungan dan kerjasama dengan pusat-pusat pelayanan kesehatan dan pendidikan di dalam dan di luar negeri.

 

Motto

Care Like No Other

Sebuah semboyan yang direalisasikan ke dalam 9 layanan unggulan, yaitu:

  1. 24 hour Orthopaedic service (Pelayanan Orthopaedi 24 jam)
  2. One Day Care Surgery (Pelayanan bedah satu hari)
  3. Spine and Knee Expert Solution (Konsultasi ahli masalah tulang dan penanganan professional masalah lutut)
  4. Orthopaedic and Medical Rehabilitation (Orthopaedi dan rehabilitasi medis)
  5. Regional and international link (Hubungan dan kerjasama dengan rumah sakit dan pusat pendidikan, baik regional maupun internasional)
  6. Spesialistic Nursing in orthopaedic (Keperawatan spesialistik dibidang orthopaedi)
  7. Close-personal relationship (Hubungan yang dekat dengan pasien)
  8. Informative and deligahted services (Pelayanan yang informative dan menyenangkan)
  9. Cost-effectiveness treatment (Kebijakan manajemen dalam efektifitas pembiayaan terapi)