Posko Lebaran RSOP Dalam Arus Mudik Lebaran

Peranan Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto
Dalam Arus Mudik Lebaran 1 Syawal 1433 H
Bertempat di studio Tara FM, kru RSOP terdiri dari, marketing RSOP, driver ambulance dan keluarga pasien melakukan talk show bertemakan, Perana Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto Dalam Arus Mudik Lebaran 1 Syawal 1433 H.

Tema ini diangkat karena bertepatan dimulainya kegiatan Posko Lebaran, yang berjalan pada H-10. Acara talk show dipandu oleh Kemal Iswanda dari Tara FM. Misi dari dialog kali ini adalah menyampaikan kepada Taraners (Pendengar Radio Tara Fm) agar mendapatkan informasi yang benar dan tepat mengenai prosedur pengurusan asuransi Jasa Raharja pada korban kecelakanaan lalu lintas di Rumah Sakit. Memberikan informasi layanan ambulance cepat selama arus mudik lebaran yang dapat diakses melalui telepon Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto.

Talk Show diawali dengan penyampaian tips mudik kepada Taraners, diantaranya :

1. Persiapan sebelum mudik

  • Mempersiapkan kesehatan diri pemudik lebaran.
  • Mempersiapkan kendaraan yang dipergunakan mudik, meliputi fisik kendaraan, dan kelengkapan surat kendaraan.
  • Tidak membawa barang bawaan berlebihan.
  • Bagi penumpang kendaraan umum, membeli tiket diloket resmi agar memperoleh kepastian tempat duduk dan jaminan asuransi Jasa Raharja.

2. Pada saat mudik

  • Waspada dan berhati-hati dijalan, beristirahatlah di rest area yang disediakan pada jalur mudik, dan mematuhi peraturan lalulintas.
  • Apabila mengalami gangguan kesehatan, kunjungi Posko pelayanan kesehatan yang berada di rest area, SPBU,dan rumah makan yang disediakan gratis.

3. Saat terjadi kecelakaan lalu lintas.

  • Segera hubungi Posko mudik terdekat, karena biasanya terdapat ambulance yang standbye.
  • Apabila akses keposko mudik terlalu jauh, gunakan alat komunikasi untuk hubungi ambulance terdekat.

Peranan Rumah Sakit Orthopaedi dalam arus mudik tahun 2012 ini adalah :

  1. Bekerjasama dengan Jasa Raharja cabang Banyumas, mendirikan Posko kesehatan bersama di rest area atau di posko – posko mudik di wilayah Banyumas H-3.
  2. Bekerjasama dengan POLRES Banyumas dengan menyiagakan unit ambulance dan tenaga medis di wilayah Banyumas.

Kegiatan di dalam Rumah Sakit :

  1. Pelayanan jemput ambulance 24 jam yang dapat di akses di nomor telepon 6844133
  2. Pelayanan klaim pasien korban kecelakaan lalu lintas.

Pengertian :

  1. Pelayanan Jemput ambulance 24 Jam dilakukan untuk antisipasi korban arus mudik pada H – 3 dan H + 1 yang banyak diperlukan masyarakat maupun petugas kepolisian di tempat terjadinya kecelakaan. Layanan jemput ambulance emergency 24 jam ini gratis. Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto menyediakan 3 armada ambulance, 2 armada di Rumah Sakit, dan 1 armada diluar rumah sakit. Dimana salah satu ambulance tersebut sudah berstandar international.
  2. Pelayanan klaim pasien korban kecelakaan lalu lintas. Yaitu pelayanan khusus korban kecelakaan lalu lintas dalam hal klaim pembiayaan sehingga pasien dan keluarga pasien lebih berfokus kepada penyembuhan tidak perlu memikirkan biaya pengobatan. Pelayanan klaim Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto sudah bekerjasama dangan Jasa Raharja selama kurun waktu 1,5 Tahun. Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto merupakan Rumah Sakit pertama yang melakukan MOU dengan PT Jasa Raharja Kantor Cabang Purwokerto.

Prosedur pelayanan :

  1. Pasien dan keluarga pasien diharuskan memahami terlebih dahulu hak dan kewajiban nya dalam proses klaim Jasa Raharja. Hal ini akan dijelaskan oleh petugas customer care. Hak dan kewajiban dimaksud adalah sebagai berikut :

Hak

  • Memperoleh pengobatan dari Rumah Sakit pada kesempatan pertama yaitu saat tiba di IGD sampai dengan pasien membutuhkan penanganan lebih lanjut yaitu operasi atau rawat inap apabila diperlukan.

Kewajiban pasien

  • Melaporkan kepada pihak kepolisian mengenai kejadian kecelakaan dalam kurun waktu 1 x 24 jam.
  • Menyerahkan foto copy identitas : KTP,KK,STNK korban dan lawan kepada pihak Rumah Sakit.
  • Mendatang ke kantor Jasa Raharja Cabang Banyumas untuk dilakukan verifikasi oleh pihak Jasa Raharja dan penandatanganan surat kuasa korban kepada pihak Rumah Sakit didepan petugas Jasa Raharja.

Adapun syarat dan ketentuan lain yang harus dipenuhi adalah :

  1. Biaya pengobatan yang dimaksud jumlah maksimal 10 juta
  2. Apabila biaya lebih dari 10 juta ,sisanya harus dibayarkan kepada Rumah Sakit oleh penanggung jawab pasien.

Diakhir acara disampaikan kembali agar masyarakat yang akan mudik tetap waspada serta berhati-hati dijalan, dan bilamana mengantuk agar beristriharat ditempat rest area yang sudah disiapkan pada jalur lintas mudik tersebut. Tidak disarankan mengunakan sepeda motor untuk dikendarai lebih dari 2 orang, patuhi rambu lalu lintas yang dipasang disepanjang jalur mudik, dan apabila mengalami gangguan kesehatan dapat mendatangi Posko Pelayanan Kesehatan gratis dari Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto dan Jasa Raharja di SPBU maupun di rest area yang bekerjasama dengan Kepolisian Resort Banyumas.(Yuni Astuti)

Author Info

RSOP

RSOP

No Comments

Post a Comment