Informasi : 0281-6844166 | Gawat Darurat : 0281-6844133

Our Hospital

Care Like No Other  – RSOP
GDGkecil2

Rumah Sakit Orthopaedi Purwokerto (RSOP) diresmikan pada tanggal 01 Agustus 2006 oleh Bapak HM. Aris Setiono, SH, SIP selaku Bupati Banyumas saat itu. RSOP yang berfokus pada pelayanan kasus-kasus Orthopaedi, Traumatologi dan Rehabilitasi Medik — pada awalnya hanyalah merupakan sawah seluas lebih dari 1,5 hektar yang terbentang di sepanjang Jalan Soepardjo Roestam, Purwokerto.

Adalah dr. Iman Solichin Sp.OT, Spine – seorang dokter spesialis Orthopaedi lulusan Universitas Indonesia yang memprakarsai berdirinya RSOP.  Beliau yang juga salah satu ahli tulang belakang di Indonesia, memimpin pembangunan RSOP dan mengawal perkembangannya hingga saat ini. Didorong oleh keinginan yang kuat untuk mempersembahkan sebuah pelayanan kesehatan yang baik bagi masyarakat.  RSOP berkembang pesat sebagai sebuah rumah sakit swasta khusus Orthopaedi, Traumatologi dan Rehabilitasi Medik satu-satunya di Indonesia.

Pada bulan Nopember 2007, RSOP  meresmikan berdirinya MSC (Medical Sport Center) sebagai pusat pelayanan kesehatan khusus bagi para atlit, official dan manajer olahraga, serta peminat olahraga. MSC merupakan hasil kerjasama RSOP dengan KONI Banyumas dalam meningkatkan kualitas dan prestasi para atlit. Menginjak tahun ke-3, RSOP semakin melengkapi pelayanan dan fasilitasnya sebagai salah satu pusat rujukan untuk kasus-kasus Orthopaedi dan Traumatologi di Jawa Tengah. Pada bulan Nopember 2008, RSOP kembali membuka pelayanan baru yaitu Osteoporosis Center dan Trauma Center Jamsostek  yang diresmikan tepat pada tanggal 20 Nopember 2008 oleh Bupati Banyumas,   Bpk. Drs. Mardjoko.  Adapun salah satu kegiatan Osteoporosis Center adalah pemeriksaan kadar kepadatan (massa) tulang dengan menggunakan alat canggih DXA yang telah diakui sebagai standar emas diagnosis Osteoporosis oleh WHO.

Tahun 2011, RSOP memperoleh ijin tetap rumah sakit dan menjadi rumah sakit khusus tipe C.  Seiring waktu berjalan, RSOP memperlengkapi sarana penunjang seperti Arthroscopy, dan fasilitas ICU /  HCU.   Kepercayaan lembaga penjamin pelayanan kesehatan masyarakat pun meningkat.  Kini RSOP telah bekerjasama dengan Askes, Jasa Raharja, setelah Jamsostek dan asuransi swasta lainnya.

Gedung RSOP sendiri kini menjadi bangunan kuning tiga lantai yang unik bentuknya dengan posisi strategis mudah dijangkau dari beberapa arah di Purwokerto.  Ditunjang dengan 4 unit ambulans standby 24 jam (salah satunya merupakan bantuan PT Jamsostek Tbk sebagai bentuk kepercayaan Jamsostek RSOP sebagai salah satu Trauma Center di wilayah Jawa Tengah dan DIY),  pasien diharapkan bisa lebih cepat memperoleh pelayanan kesehatan.

Tidak hanya menawarkan pelayanan kesehatan, RSOP juga menyediakan fasilitas tempat pertemuan baik formal yaitu auditorium di lantai 3 gedung RSOP dengan kapasitas 400 orang duduk maupun semi formal di joglo-joglo yang terletak di area belakang rumah sakit dimana anda akan dimanjakan dengan keheningan suasana alam di pinggir danau buatan disertai kicauan burung-burung dan satwa peliharaan lainnya sambil menikmati hidangan makanan yang disuguhkan oleh Kantin Saung Orthopaedi yang buka 24 jam.

Dalam rangka memfokuskan pelayanan di bidang Orthopaedi, Traumatologi dan Rehabilitasi Medik, RSOP memiliki corong informasi kesehatan dan olah raga yang dipancarkan dari kompleks RSOP.  Setiap hari, masyarakat dapat menikmati info seputar Orthopaedi melalui radio kesehatan dan olah raga Tara 106.5 fm bersama nara sumber para dokter dan tenaga medis RSOP lainnya.